Cileungsi dari Wikipedia

Cileungsi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan Cileungsi adalah salah satu kecamatan di Wilayah Timur Kabupaten Bogor, yang terbagi menjadi 12 desa. Kecamatan ini adalah salah satu daerah industri di kawasan Jabodetabek. Alasan utama Kecamatan ini menjadi daerah industri adalah karena jarak tempuh kecamatan ini dari daerah Cawang Jakarta yang hanya sekitar 30 menit dan kelengkapan fasilitas umum yang dimilikinya.

Kecamatan Cileungsi dapat dicapai melalui Jalan tol Jagorawi keluar dari pintu tol Cibubur lewat jalan alternatif Cibubur-Cileungsi. Jalan ini telah menjadi salah satu daerah utama pengembangan kawasan pemukiman di Jabodetabek.

Berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2002, jumlah penduduk di Kecamatan ini sekitar 123.000,- jiwa. Untuk mendukung kebutuhan hidup sehari-hari penduduknya, Kecamatan ini telah memiliki fasilitas umum yang cukup memadai, seperti sekolah dari tingkat dasar hingga lanjutan, pasar tradisional dan modern, serta Rumah Sakit.

Terdapat dua rumah sakit di Kecamatan ini yaitu Rumah Sakit Umum Mary Cileungsi dan Rumah Sakit MH Thamrin Cileungsi. Sebagai rumah sakit terbesar, Rumah Sakit Mary Cileungsi memiliki 141 tempat tidur sedangkan Rumah Sakit MH Thamrin Cileungsi hanya memiliki 75 tempat tidur. Rumah Sakit Mary Cileungsi juga menjadi satu satunya rumah sakit yang menjadi rujukan bagi peserta Jamsostek di Kecamatan ini dan kecamatan lain di Kabupaten Bogor wilayah timur.

Selain sebagai daerah industri, Kecamatan ini juga memiliki tempat wisata yang cukup dikenal di Jabodetabek, yaitu Taman Wisata Mekar Sari. Dengan luas 264 Hektar, Taman Wisata ini merupakan salah satu pusat pelestarian buah-buahan tropika terbesar di dunia. Selain menawarkan wisata alam, Taman ini juga menawarkan paket outbond dan pemancingan di danau yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar